11 Cara Ampuh Mengecat Motor Agar Hasil MEMUASKAN

Categories Uncategorized
Gambar Cara Mengecat Motor
Sumber: Google

Bagi kalian pencinta otomotif, terutama sepeda motor yang memang banyak seni untuk memodifikasi dengan berbagai macam kreatifitas yang ada. Hal yang berhubungan dengan memodifikasi sepeda motor yang umum di jumpai yakni teknik cara mengacat motor yang sangat beragam.

Mengecat Motor merupakan suatu kegiatan yang bisa dikatakan seni mewarnai sepeda motor sesuai dengan karakteristik dari pemiliknya. Mengecat motor terbilang gampang – gampang sulit, tergantung tingkat dari kerumitan dan kreatifitas tingkat tinggi.

Banyak dari kalangan anak muda sekarang yang piawai untuk mengecat sepeda motor mereka sendiri. Hasil karyanay pun jangan diragukan lagi, mereka pandai dalam mempermainkan warna seperti warna bunglon yang sedang digemari saat ini.

Namun banyak juga yang asal – asalan mengecat motor asal semprot saja tanpa teknik yang benar sehingga hasilnya kurang maksimal. Maka dari itu perhatikan cara yang benar agar cat tidak mudah mengelupas dan agar terlihat bagus serta berkualitas.

Hasil dari mengecat motor yang kurang maksimal mulai dari teksture kurang rata dan hasil cat nya kurang akurat dengan object yang akan di cat. Maka dari itu untuk mengecat sebuah sepeda motor yang baik perlu memahami dulu cara mengecat motor dengan benar.

Dari pada bingung mengenai cara mengecat motor, langsung akan dibahas dibawah ini:

Cara Mengecat Motor berwarna dengan Kuas dan Pilox

Gambar Hasil Mengecat Motor
Sumber: Google
  1. Langkah pertama, copot bagian part yang akan di cat. Hal ini bertujuan untuk memudahkan dalam proses pengecatan dan pengeringan part – part motor yang di cat.
  2. Part yang sudah di copot untuk selanjutnya di cuci dengan air bersih, lebih baik mencuci dengan menggunakan sabun. Hal ini dilakukan agar tidak ada kotoran dan noda yang menempel. Sehingga hasil pengecatan akan maksimal.
  3. Jika proses membersihkan dan mencuci sudah selesai, selanjutnya keringkan dan lap dengan menggunakan lap yang bersifat menyerap air seperti kanebo. Usahakan sampai benar – benar kering.
  4. Kemudian amplas pada bagian yang nanti akan di cat menggunakan amplas halus. Amplas digunakan agar menghapus atau mengangkat cat dasar yang sebelumnya telah ada dan menjadikan bagian permukaan part menjadi sedikit agak kasar.
  5. Selanjutnya bersihkan hasil amplasan tadi secara keseluruhan di bagian yang di amplas. Gunakan lap kanebo hingga benar – benar bagian amplas menjadi bersih dan kering.
  6. Tahap selanjutnya persiapkan epoxy yang telah tersedia, epoxy digunakan untuk menutup pori – pori yang nantinya di cat. Trik agar hasil maksimal dalam proses ini sebelumnya tuangkan ke speedcat atau sprygun baiknya campur epoxy dengan thiner.
  7. Tutup hasil amplas memakai lakban kertas pada bagian yang tidak dikenai epoxy, dan apabila sudah lakukan penyemprotan pada bagian yang akan di cat. Di usahakan lakuakan cat pada jarak 30 – 40 cm dari object. Kemudian keringkan hasil cat.
  8. Apabila sudah epoxy dan mengering. Kemudian lakukan pengecatan dengan cat dasar secara tipis.
  9. Campurkan cat dengan thiner, diusahakan jangan terlalu encer. Jika menggunakan pilox langsung semprotkan saja pada bagian yang akan di cat. Atur jarak semprotan ke object dengan baik.
  10. Langkah berikutnya setelah mengering. Masuk tahap coating pada motor. lakukan penyemprotan cat coating yang tersedia. campur cat coating dengan thiner, jangan terlalu encer.
  11. Proses terakhir lakukan pengeringan hingga benar – benar kering. Bersihkan bagian cat sebagai finishing, maka akan terlihat hasil cat yang kinclong dan memuaskan.

Cukup mudah bukan cara mengecat motor yang dibahas dalam artikel diatas. Apabila kalian mengikuti dan memahami semua prosesnya, maka hasilnya pun tidak akan mengecewakan dan pastinya mamuaskan. Apabila kalian tertarik untuk membeli motor di area Purbalingga dan Banyumas sekitarnya kuyy langsung kunjungi Dealer Motor Purbalingga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *